Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara Mengatasi Gatal Akibat Biduran, Giduan, Kaligata, Urtikaria


Biduran atau kaligata merupakan nama lain dari penyakit kulit urtikaria, dimana tanda kelainan kulitnya adalah timbul bentol-bentol kemerahan, sangat gatal dan sering disertai rasa tertusuk dan panas, dan dasar penyebabnya adalah “Atopi
Atopi adalah suatu keadaan/kelainan alergi yang sifatnya diturunkan dari dalam suatu keluarga dengan manifestasi penyakit seperti: dermatitis atopik (radang kulit yang sifatnya berulang-ulang, kelainan kulit ruam yang timbul pada tempat-tempat tertentu dengan tanda-tanda khas sesuai umur bayi, anak atau dewasa), urtikaria (biduran), asma, sering pilek dan bersin sampai hidung mampet, biasanya terdapat pula tanda dan gejala yang ada pada penderita tersebut yaitu:buras di wajah, lingkaran mata yang gelap, kulit kering dan wajah agak pucat.
Penyebab (pencentus) biduran adalah :
  1. Bahan yang sering berkontak dengan tubuh misalnya sabun cair, sabun antiseptik, hand and body lotion yang tidak sesuai, bedal salicyl, dll
  2. Makanan tertentu misal ikan laut (cumi, udang)
  3. Obat seperti golongan penisilin, penghilang rasa sakit, sulfa, tetra, dll
Biduran pada dasarnya dapat disembuhkan dan lamanya tiap orang berbeda, tergantung jenis obat yang diberikan oleh dokter dan ketaatan pasien minum obat, serta menghindari faktor penyebab timbulnya biduran.
Cara menemukan faktor penyebab adalah dengan mencatat obat, makanan, atau bahan yang ketika digunakan atau dikonsumsi menyebabkan timbulnya biduran.
Ada beberapa cara sederhana / tradisional untuk mengobatinya, berikut diantaranya;
-         Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan   minumnya,  1 (satu) jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan air 1 (satu) gelas air. Saring, dan bila sudah dingin diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
CTM, Incidal, Aerius, Homoclomin 10mg, Telfast 180mg.
CTM n Incidal gk ngaruh. yg paling lama bertahan Aerius 3 Hari.
Terus saya coba obat Tradisional, Diasepin pke Tiker yg dibakar(bertahan 2 hari), minum air bara batok kelapa (1 minggu) (Tips dari: Jule)
Beli di toko obat cina, beli empedu trenggiling, nanti sama tokonya di bubukin terus dimasukan ke kapsul. 2 tahun yang lalu saya kena biduran yang sangat membandel, selama 6 bulan lebih saya makan obat anti alergi dari mulai seminggu sekali sampe setiap hari harus makan obat, setelah makan empedu trenggiling, pertama makan langsung 85 % sembuh, setelah makan 2-3 hari, sembuh total sampe sekarang. (Tips dari: biduranmania & concern)
Minum “kumbang mas” 2xsehari (Tips dari: Ririe Tanjung)
Saya sembuh karena minum air kelapa 3x sehari (kelapa hijau/wulung, jenis kelapa yg bagian sabutnyaberwarna pink. kelapa ini bisa dipesan di tukang es kelapa). (Tips dari: Risang)
Mahkota dewa diminum sesuai aturan 3x sehari plus vitamin C. setelah saya coba selama 2 hari berturut2 akhirnya saya sembuh juga. (Tips dari: vicky)
Konsumsi obat, Lacomin: ni obat susah nyarinya, pas nemu aja waktu lagi di magelang, harganya murah, 4 biji cm 1500, memang tidak menyembuhkan secara permanen tp bisa menghilangkan biduran dgn cepat stlh mengkonsumsinya (Tips dari: Iwan)
Makan kuning telur, kemudian minum air kapur (biasanya rendaman gamping tp yg sudah agak lama) (yang sudah bening,,,, dan ternyata aq sembuh…..(Tips dari: Latif)
Kunyit dibakar, diparut, Kasih kapur sirih sedikit, Kasih madu,Diminum …..(Tips dari: Afiffy)
Pake Kalmethason ditambah dengan frendnisolone dan Heptasan…..(Tips dari: Enda)
Minum Histapan.. ……..(Tips dari: AL)
Minum jamu pahitan munkin darah kita dingin ga hangat, saya juga pernah menalami kait biduran sampai usia 22 tahun itu karena kondisi tubuh kita tidak fit alias kurang vitamin nah coba juga minum jam bersih darah kan aka dijual di tiko jamu tradisional yang dalam bentuk bubuk.. ada juga obat medik namanya CELESTAMIN (Tips dari: Ratnasari)
Minum wedang jahe merah……..(Tips dari: Noorjannah)
* Ambil 1-2 genggam daun randu (daunnya saja lho, tangkai, batang pohon, dan akarnya ga usah!).
* Rebus daun dalam 2 liter air.
* Rebus sampai mendidih, warna daun akan berubah jadi hijau tua.
* Campurkan air beserta daunnya ke dalam kurang-lebih 10 gayung air mandi.
* Remas-remas daun randu dalam campuran sampai keluar lendir/minyaknya. Jangan buang daunnya
* Bilaslah tubuh dengan air rebusan daun randu tersebut. Syukur-syukur kalau bisa berdiri di atas ember, sehingga airnya bisa dipakai berulang-ulang.
* Kalau yang sakit adalah anak kecil, pakailah ember bak, sehingga anak bisa berendam.
* Ambillah daun randu di bak, kemudian gunakan sebagai sabun, gosok-gosok sambil remas-remaslah daun di seluruh kulit tubuh.
* Bilas lagi seluruh tubuh, lalu keringkan dengan handuk. (Tips dari: johan)
BUAH MENGKUDU N WORTEL DI BLENDER,LALU DISARING N TRAKHIR DIREBUS TMBHKN GULA/MADU,baru mnm segelas aq udah ga gatel2.alhamdullilah aq udah bebas mkn apa aja (Tips dari: joemalik)
minum air temulawak selama 3 hari langsung ilang tuh gatal2. (Tips dari: andreas)
Minum INTERHISTIN (Tips dari: fauzi_nur)
umumya kita pakai Gelas sedang ( -/+ 150cc dalam takaran campuran),
a. 1 butir telur ayam kampung ( diambil Kuningnya) b. Dua Siung/ pangkal (seukuran jempol tangan) Kunyit/(kunir=jawa) diparut diambil airnya kira2 50cc. c. tuangkan sisanya Air DEGAN( kelapa Muda hijau) hingga (150cc) seukuran gelas sedang, Aduk hingga rata kemudian di minum. (Tips dari: wawan)
250 gram biang kunyit segar / 1 sdm kunyit bubuk
1/2 (setengah) jeruk nipis / lemon (peras ambil airnya)
1 sdm madu
cara meramu :
bakar / panggang kunyit segar – kupas kulitnya – potong kecil2 – blender dgn 400 ml
saring – campur dgn madu + perasan jeruk (buat 2 gelas @ 200ml)
Minum pagi sesudah sarapan dan mau tidur selama 1 bulan (Tips dari: Abdul)
“Daun Randu Obat Biduran (Urtikaria)”. Silakan ke sini : http://www.facebook.com/note.php?note_id=197351666801(Tips dari: Johan)
PAKE MADU ASLI + KUNYIT YG SUDAH TUA DI CAMPUR TRUS DI MINUM 2-3 KALI SEHARI. (Tips dari: Agus)
Coba olesin minyak jinten hitam.
Minum dexamethason 0.75 mg produksi Hansa (warna biru). Dosis 0.5 tablet (anak2) – 1 (dewasa) tablet, 3 x sehari. kalau dah hilang gak usah minum lagi. (Tips dari: Nafla)
Saya mengalami sendiri giduan ini alhamdullah sembuh dalam 1 hari, caranya dengan minum obat CTM sebelum tidur dan perbanyak minum air putih..,utk yang gatal2nya saya oleskan Caladine Lotion deh..smp hilang gatalnya...
 
Diantara cara-cara diatas ataupun ramuan diatas yang sudah terbukti minimal untuk menghilangkan gatalnya adalah dengan mengosok-gosokkan garam halus ke bagian yang gatal..,Alhamdulillah berhasil...!!!, Cara ini terinspirasi dari cara mengobati gatal akibat terkena ulat bulu...
Semoga Bermanfaat dan cepat sembuh biar ngak garuk-garuk terus...amiiiinnn

Note : Perbanyak Minum Air Putih agar Racun2 dalam tubuh cepat terbuang 

35 komentar:

  1. makasih kakak aku dari kemarin pengen banget giduan aku hilang.. aku dari tadi sibuk mencari cara mengatasi giduan aku...

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang cara mengatasi biduran... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    BalasHapus
  3. makasih, mas bro. semoga bermanfa'at bagi umat...

    BalasHapus
  4. terima kasih infonya membantu sekali, semoga kaligata saya bisa cepat sembuh.

    BalasHapus
  5. sudah setahun sy biduran mudah2an sy coba salah satu tipsnya bsa berhenti

    BalasHapus
  6. ya nih gatalnya ga tahan

    BalasHapus
  7. wew tank atas infonya,,dr kemarin w gatal2 mulu,kirain kurang mandi eh gak taunya penyakitan,, :D

    BalasHapus
  8. Info yang sangat bermanfaat. terima kasih

    BalasHapus
  9. ok maz bro. tpi saya kadang kadang masih kambuh lagi.

    BalasHapus
  10. Thanks...wah ini sangat membantu sekali. Smoga lbih banyak yg bc

    BalasHapus
  11. artikel yang menambah wawasan

    BalasHapus
  12. Matur suwun kang, infonya sangat bermanfaat,

    BalasHapus
  13. Thx infonya, saya sudah bisa dibilang alergi untuk hal yang satu ini, tapi yg namanya biduran ga pernah hilang, yang benar2 hilang. Sekarang sembuh, suatu saat timbul lagi..

    BalasHapus
  14. Kami sedang sedih karena anak laki2 kami usia 7 tahun mengalami penyakit kulit disekujur tubuh dari mulai wajah sampai kaki, sudah hampir 1 tahun ini anak kami mengalaminya tetapi kami mencoba mencari pengobatan yang cocok tetapi belum menemukan. Hasil biopsi dokter mendiagnosa Urticaria Pigmentosa.
    Mohon saran dan informasinya dimana tempat dan obat yang dapat kami bisa dapatkan?
    Semoga dengan adanya forum ini kami dapat menemukan jalan keluar buat anak kami tercinta ini.

    Terima Kasih.
    primayudhamulia@gmail.com

    BalasHapus
  15. Bermanfaat bgt infonya, ade aku udah beberapa hari ini biduran gak sembuh".

    BalasHapus
  16. Hatur nuhun...... semoga dibalas amal ibadahnya... amiin....

    BalasHapus
  17. Terimakasih infonya, semoga penyakit alergi anak saya bisa teratasi.

    BalasHapus
  18. terimakasih untuk info nya. insya allah saya coba.

    BalasHapus
  19. thanks banget Gan.. infonya. soalnya Biduran saya kambuh lagi nih... gak tau gara-gara apa, tau-tau kambuh lagi...

    Salam..

    Berkunjung juga ya di http://oplosnews.blogspot.com

    BalasHapus
  20. Makasih gan, cocok bgt buat ane yg kalo lagi giduan kaga kenal tempat :D

    BalasHapus
  21. Mksih Kang atas info'y, sangat membantu bgt nih. :-)

    BalasHapus
  22. tahan aja gatelnya...
    jangan digaruk ,nanti ilang sekitar 2-5 jam aja ...
    saya sering kena tuh

    BalasHapus
  23. #garuk2 barusan saya coba minum intidal plus gosok2in garam ke kulit. banyak minum air putih. kita tunggu reaksinya :) mudah2an sembuh.

    BalasHapus
  24. Terimakasih infonya......sambil ngetik sambill garuk garuk ni guateelll e polllll.....penyen nangisssss

    BalasHapus
  25. Saya tiap hari biduran. Bahkan sekujur tubuh kaya kena ulat bulu sampe ke muka juga. Ya ampun gatalnya ngga nahan. Tapi saya minum cetricine setiap hari. Tapi kalo berhenti minum kambuh lagi... Aduh apa saya harus minum setiap hari.. Ginjal saya bagaimana.... :-(

    BalasHapus
  26. Terimakasih infonya :) semoga kita semua bisa bener2 sembuh yaa temen2 hehehe

    BalasHapus